Kapitalisme Adalah Sebuah Ideologi Yang Lahir Dari Sikap Kompromistis



Sungguh sangat mengherankan memang, ketika negara-negara lain bahkan ada kecendrungan secara Internasional - kritik terhadap utang luar negeri cenderung semakin meluas hingga mencakup pada tataran sisi kelembagaan, ideologi, serta implikasi sosial dan politiknya - berupaya untuk keluar dari permasalahan utang (baca, jebakan utang atau debt trap) namun negara ini malah akan menambah utangnya. 

Ketahuilah bahwa sesungguhnya, selama setengah abad terakhir, pemberian bantuan sangat didorong oleh aspek ideologis. Ini dapat dilihat dalam program bantuan utang Amerika kepada Eropa usai perang dunia II. Program Marshall Plan dibuat bukan hanya untuk membangun kembali Eropa yang hancur pasca perang, tapi lebih penting dari itu ialah untuk membuka pasar bagi produk Amerika. 

Penggunaan utang luar negeri untuk pembiayaan proyek-proyek adalah cara yang paling berbahaya terhadap eksistensi suatu negara dalam hal ini adalah negara berkembang terlebih lagi adalah negeri-negeri Muslim. Kita masih ingat bagaimana Inggris bisa melakukan penjajahan terhadap Mesir, yakni dengan cara jeratan utang. Begitu pula dengan negara Perancis berhasil menjajah Tunisia dengan menjeratnya melalui utang. Bahkan, salah satu cara negara-negara Barat dalam meruntuhkan negara Utsmaniyah di Turki adalah dengan menjeratnya melalui utang. 

Seandainya kita mau berpikir sejenak, niscaya kita akan mudah memahami hakikat dari utang luar negeri. Negara-negara maju tidak akan meminjamkan sekeping uang pun, kecuali bila mereka yakin bahwa hasilnya tidak akan memberi manfaat apa pun bagi negara peminjam. Negara-negara berkembang yang terus berada di bawah pengaruh mereka tidak akan pernah menjadi apa pun selain konsumen dari perbagai produk yang mereka buat, dan tidak akan pernah menjadi kompetitor handal dalam pasar dunia. Pinjaman yang mereka berikan hanya ditujukan untuk proyek-proyek yang tidak produktif, seperti perbaikan jalan, pembangunan jembatan, hotel untuk pariwisata, dan proyek-proyek yang sama sekali tidak bernilai apa pun. 

Hal ini diakui oleh salah seorang peraih hadiah nobel dan ketua tim ekonomi Bank Dunia periode 1996 hingga november 1999, Joseph Stiglitz. Ia mengatakan “kebijakan yang dibuat oleh Washington dan Bank-Bank Internasional selama tahun 1990-an sama dengan menggunakan Flamethrower (alat yang bisa menyemprotkan api) untuk menghilangkan permukaan cat rumah, dan kemudian menyesal bahwa Anda tidak dapat menyelesaikan pengecatan karena rumah itu sudah hangus terbakar”. 

Hampir senada dengan ucapan Stiglitz di atas, Perdana Menteri Malaysia pernah mengatakan dalam menanggapi bahaya dari utang luar negeri, “meskipun Jepang memberikan bantuan, tapi Jepang mengambil kembali dengan cara lain, seperti sihir, hampir dua kali lipat dari yang mereka berikan”. 

Bantuan yang ditawarkan ke Indonesia setelah krisis ekonomi Asia 1997-1998, misalnya, ternyata malah meningkatkan angka kemiskinan secara signifikan. Untuk mendapatkan dana bantuan darurat, pemerintah Indonesia harus menyetujui privatisasi layanan publik, merestrukturisasi perbankan nasional, memangkas anggaran sosial dan mencabut subsidi BBM, listrik dan pangan. Kebijakan-kebijakan ini jelas tidak sesuai dengan kebutuhan dasar mayoritas rakyat Indonesia. Hasilnya, jumlah orang yang hidup dalam kemiskinan berlipat ganda dan upah riil selama periode itu jatuh hampir sebanyak 40%, jutaan orang mengalami malnutrisi, kriminalitas meningkat tajam sebesar 1000%, 7,5 juta anak putus sekolah, dan belasan juta orang kehilangan pekerjaan. 
Oleh karena itu, berdasarkan bukti-bukti yang ada, sesungguhnya apa yang dikatakan dengan bantuan atau utang luar negeri adalah suatu bentuk penipuan dari negara-negara donor atau lembaga-lembaga Internasional terhadap negara yang menerima bantuan. 

Sarana-sarana Imperialisme Ekonomi 

Sarana-sarana negara-negara kapitalis untuk melakukan imperialisme ekonomi antara lain : 

1. Menyebarkan ide yang berkaitan dengan politik dan ekonomi 
Di antara ide-ide ekonomi tersebut, adalah ide pembangunan ekonomi dan keadilan sosial, agar negara-negara yang baru saja lepas dari penjajahan militer dapat segera masuk ke perangkap penjajahan ekonomi Amerika. Sebab, pelaksanaan ide-ide itu jelas membutuhkan banyak dana. Maka dari itu, tertipulah negara-negara tersebut untuk segera mencari hutang luar negeri dan terjerumuslah mereka menjadi negara dengan hutang bertumpuk 
2. Mengubah sistem mata uang dunia
Presiden Nixon pada tahun 1971 menghapuskan keterkaitan dolar dengan emas, sehingga dolar tak dapat dikonversi lagi menjadi emas. Maka dolar pun menguasai sistem mata uang dunia dan memaksa Jepang dan Jerman mendukung dolar, karena kedua negara tersebut mem- punyai cadangan emas sangat besar di dunia 
3. Membentuk lembaga-lembaga ekonomi Internasional 
Sejalan dengan ide-ide AS yang menyatakan bahwa politik polarisasi dan blok-blok internasional akan dapat menyulut perang-perang dunia, maka AS bertekad memantapkan prinsip-prinsip Tata Dunia Baru yang didasarkan pada pembentukan lembaga-lembaga internasional di bidang politik, ekonomi, kesehatan, peradilan, dan pendidikan. Maka lalu berperanlah PBB, Dewan Keamanan, IMF, Bank Dunia, Mahkamah Internasional, dan lembaga-lembaga dunia lainnya. 
4. Membentuk blok-blok ekonomi, seperti NAFTA dan APEC 
Blok-blok tersebut antara lain terdiri dari AS, Meksiko, Kanada, Australia, New Zealand, Jepang, Korea, dan Indonesia. Sementara itu di sisi lain ada pula Pasar Bersama Eropa yang beranggotakan negara-negara Eropa. Peran blok-blok ini untuk bersaing dalam hal dominasi dan perampasan ekonomi tak perlu dibuktikan lagi. 
Di samping blok-blok itu, telah diselenggarakan pula berbagai konferensi internasional dan regional untuk mengokohkan dominasi Barat dan memaksakan format-format ekonomi Barat. Konferensi-konferensi seperti ini antara lain adalah kesepakatan GATT, yang berkaitan dengan tarif (bea masuk) dan tuntutan untuk menghapus segala tarif ini pada konferensi di Napoli (Italia) pada tahun 1994. 
5. Merekayasa Berbagai Perang, Krisis, Kekacauan, dan Kerusuhan 
Berbagai perang dan kerusuhan sengaja disulut oleh Barat di negeri-negeri Islam, seperti Perang Teluk I (perang Irak-Iran) dan Perang Teluk II yang dimaksudkan untuk menguasai minyak dan mencampuri urusan negeri lain dengan cara membangun pangkalan-pangkalan militer dan zona-zona kemananan di wilayah Irak Utara dan Selatan. 
Negara-negara kapitalis juga mensponsori gerakan- gerakan separatis - seperti gerakan separatis Kurdi dan Sudan Selatan - dan perang saudara di Afghanistan. Tujuannya adalah untuk menyiksa bangsa-bangsa tersebut, merampok harta kekayaannya, dan memeratakan kemelaratan dan kerusakan. 
Kesimpulan

Jelas sudah bahwa sesungguhnya apa yang selama ini sering mereka (negara-negara maju, Bank Dunia, IMF, dan yang lainnya) katakan sebagai bentuk dari “niat baik” mereka membantu negara-negara berkembang untuk membangun perekonomiannya atau bertujuan kemanusiaan hanyalah pepesan kosong belaka. Hal ini memang sangat wajar ketika kita hubungkan dengan watak atau wajah asli dari negara-negara pemberi pinjaman tersebut yang menggunakan ideologi Kapitalisme (sebuah ideologi yang lahir dari sikap kompromi) yang semuanya diukur dengan asas manfaat, sehingga meniscayakan segala apa yang mereka lakukan atau berikan adalah menyangkut kepentingan mereka sendiri, “no free lunch”

Dengan kata lain, Moralitas, kemanusiaan, atau altruisme bukanlah faktor-faktor pendorong dari negara-negara pemberi pinjaman dalam memeberikan bantuan. Kata-kata “manis” tersebut dipinjam sebagai sarana mereka untuk memuluskan jalannya penjajahan gaya baru (neo-kolonialisme) yang mereka inginkan. Hal ini pernah disinggung oleh Perdana Mentri Inggris Raya, Benjamin Disraeli. Ia mengatakan “Colonies do not cease to be colonies because they are independent” (koloni tetaplah koloni, walau mereka merdeka).
*Penulis adalah Mahasiswa Program Pascasarjana Magister Studi Islam Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ahmadiyah (1) Akhlak (26) Bibel (6) Dajjal (1) Dakwah (43) Fatwa (2) Firqah (3) Hak Azazi Manusia (16) Ijtihad (2) Islam (33) Jihad (19) Kristen (19) Liberalisme (49) Mualaf (9) Muslimah (15) Natal (2) NU (1) Orientalis (9) Peradaban (52) Poligami (11) Politik (34) Ramadhan (10) Rasulullah (24) Ridha (5) Sahabat (1) Sejarah (42) Suharto (1) Tasawuf (29) Tauhid (21) Tawakal (4) Teroris (16) Trinitas (9) Ulama (1) Yahudi (37) Yesus Kristus (34) Zuhud (8)