Al-Qur'an Adalah Satu - Satunya Kitab Yang Diperlakuan Secara Khusus




Hampir semua kitab suci –dan buku agama yang dianggap suci— yang ada hari ini, hanya al-Qur'an satu-satunya yang diperlakuan secara khusus dan disetujui oleh Nabi sebagai orang yang menerima nya.

Azvesta, buku tentang Zoroastrian, telah di compile kurang lebih 1500 tahun setelah kematian tentang nya . Nya . Hindu Veda yang ditulis beratus-ratus tahun setelah kematian para orang bijaksana [yang] diuraikan dari pengarangnya. Ramayana dengan lisan dipancarkan dan dituliskan sampai 1600 tahun setelah peristiwa itu. Bhagavad Gita ada dalam memori orang-orang selama beratus-ratus tahun sebelumnya sebelum kemudian ditulis. The Old Testament telah di sususn lebih dari 40 pengarang.

Sepintas lalu, nampak pada beberapa fakta dasar yang menyatakan bahwa mengambil Alkitab dan nampak sebagai versi injil paling akhir.

Alkitab berisi 66 buku, dibagi menjadi Perjanjian Lama dan Perjanjian baru. Bagaimanapun, beberapa orang Kristen percaya bahwa ia mempunyai 73 bab. Tidak kurang 40 pengarang berbeda dari seluruh lapisan masyarakat menulis Alkitab: para gembala, petani, tent-maker, dokter, nelayan, para imam, ahli filsafat dan para raja. Nabi Musa melaporkan telah menulis lima buku versi pertama dari Alkitab, dikenal sebagai Pentateuch, lima buku pertama Perjanjian Lama, pondasi dari Alkitab. Rasul Paul menulis 14 buku tentang Perjanjian Baru. Ini mengambil hampir 1500 tahun untuk melengkapi dan menyudahi kitab injil. Alkitab ditulis di atas masa 1500 tahun. Sekitar 1450 SM. ( waktu Musa) ke sekitar 100 A.D.

Banyak sarjana setuju pekerjaan itu menjadi buku yang paling tua dalam Alkitab, ditulis dengan bahasa Israel sekitar 1500 SM. Buku Malachi, ditulis dalam sekitar 400 SM.

The Book of Revelation menjadi buku termuda dari Perjanjian Baru, ditulis sekitar 95 A.D. Alkitab ditulis dalam tiga bahasa: Ibrani, Aramaic, dan Koine Yunani. Keseluruhan Perjanjian Baru seperti kita ketahui hari ini diterima di tahun 375 A.D. Perjanjian Lama (The Old Testament) sebelumnya diterima sebagai suatu teks suci merindukan kedatangan sang Kristus. Naskah Alkitab paling komplit dan tertua sekarang adalah naskah kuno Vaticanus, separuh permulaan abad keempat. Naskah itu sekarang ditempatkan di perpustakaan Vatican di Roma. Fragmen tertua menyangkut Alkitab, yang menyangkut sisa kecil Injil Yohanes ditemukan di Mesir pada permulaan abad kedua . ( sekarang ini ada di Perpustakaan Rayland di Manchester, Inggris. ) Fakta tentang Alkitab ini menyediakan suatu bukti asli tentang format ditulis nya beberapa ratus tahun setelah keberangkatan pengarang mereka.

Pada sisi lain, al-Qur'an menjadi satu-satunya kitab injil ilahi yang di compile sepanjang seumur hidup dari para Nabi yang menurut al-Qur'an telah menerima itu. Ada tiga hal yang mengenal dan pengetahui pesan al-Qur'an sebelum itu dilafalkan dan disebarkan kepada orang-orang. Diantaranya; Tuhan, malaikat Jibril, dan Nabi Muhammad. Dalam sejarah, sebagaimana sumber yang selama ini diyakini orang Islam, malaikat Jibril menjadi mata rantai antara pesan ilahiyah (ketuhanan) kepada Nabi. Nabi akan menerima pembukaan rahasia dan pengulangan pesan itu kembali melalui Malaikat. Malaikat kemudian akan mengikatnya kepada memori nya dan kemudian melafalkan nya kepada orang-orang dan diinstruksikan untuk kemudian dituliskan. Sebab, ketika itu Nabi tidak mampu untuk membaca atau tulis sendiri.

Hari, di mana ia (Nabi) menerima rahasia pesan al-Qur'an yang pertama sampai akhir, semua nya dilafalkan kepada orang-orang melalui ingatan memori mereka. Termasuk menulis pada materi penulisan yang tersedia. Pada saat Nabi tidak ada, al-Qur'an telah ditulis dalam wujud suatu kitab.
Suatu salinan al-Qur'an ada pada isteri nya Hafsa Binti Umar. Sebagai konsekwensinya, pesan suci ini kemudian diduplikasi dan dibuat sepanjang waktu oleh Khalifah Abu Bakar, Umar Bin Khattab, Usman Bin Affan dan Ali Bin Abi Thalib. ( Lihat Bab mengenai al-Qur'an dalam Sahih Bukhari dan Sahih Muslim).

Beberapa orang Islam mencatat sejarah tentang kompilasi tersebut dalam Sahih Bukhari dan Muslim sebagai informasi bahwa al-Qur'an telah disusun dalam format yang kita lihat hari ini. Hasil jerih Khalifah Abu Bakar dan Usman. Sesungguhnya, sebuah laporan menyebutkan, bahwa ketika Khalifah Umar mengenai kompilasi al-Qur'an, ia menolak perkataan mengapa ia akan lakukan sesuatu yang Nabi tidak lakukan. ( Sahih Bukhari). Dengan cara yang sama, catatan yang lain mengakui bahwa Khalifah yang ketiga, Usman menetapkan suatu komisi pengawas yang terdiri dari enam orang untuk menyusun al-Qur'an seperti ada pada beberapa salinan yang berbeda dari al-Qur'an yang hadir di berbeda bagian di dunia.

Dua catatan ini ini memerlukan semakin dekat dengan pengujian atas dasar beberapa pengisahan dan cerita lain seperti yang telah disebut dalam beberapa buku hadits. 
  • Pertama, kedua catatan itu tidak pernah mengatakan bahwa Nabi tidak pernah menyusun al-Qur'an. 
  • Kedua, keduanya catatan itu tidak mengacu pada pengisahan atau cerita lain didalam buku hadits. khususnya mencakup Bukhari dan Muslim yang dengan meyakinkan telah membuktikan bahwa keseluruhan isi al-Qur'an, seperti halnya yang telah di sajikan hari ini, telah dikumpulkan ketika zaman Nabi .
Apa yang sering terjadi adalah, kebingungan menyebut kisah atau cerita yang menjadi dasar perbedaan antar peng-copian dan melakukan kompilasi. Saat al-Qur'an dikumpulkan pada zaman Nabi, masyarakat mulai mengcopy al-Qur'an secara resmi pada Khalifah Abu Bakar. Sepanjang hidup dari al-Qur'an, beberapa himpunan lengkap [menyangkut] ayat, telah diatur menurut pembacaan mereka dengan menggunakan catatan mereka sendiri. Beberapa diantaranya bahkan sangat lengkap.

Bagaimanapun, ketika Khalifah Abu Bakar secara resmi melakukan salinan al-Qur’an dari bentuk aslinya berada pada Hafsa binti Umar. Menurut riwayat, menyebutkan, mereka yang bertanggung jawab untuk menyalin al-Qur’an dari aslinya kemudian mengembalikan lagi ke aslinya ke Hafsa setelah memastikan keaslian dari teks dari kitab yang disalin.

Beberapa sejarawan awal dan penulis muslim bahkan mencoba untuk menghitung banyaknya salinan al-Qur’an yang dibagi-bagikan ke beberapa belahan dunia di mana Islam ketika itu berkembang. Sebagai contoh, menurut Ibn Hazm, seorang cendekiawan muslim ternama, mengatakan ada beberapa ratus salinan [menyangkut] al-Qur’an yang beredar beberapa belahan dunia yang berbeda pada masa Khalifah Umar.

Adalah mungkin beberapa orang kemudian telah buat salinannya dalam kurun waktu itu. Karenanya ketika Khalifah yang ketiga Usman Bin Affan meminta pada suatu kelompok untuk melakukan tinjauan ulang terhadah naskah al-Qur’an. Tindakan yang mengejutkan ini tentu saja menghasilkan pertentangan. Konsekwensinya, ia kemudian meminta orang-orang untuk menghancurkan salinan al-Qur’an yang tidak autentik (tidak asli) yang telah berada di peredaran. Dengan memerintahkan untuk menggunakan naskah sesuai dengan naskah al-Qur’an yang asli.

Jadi, Al-Qur’an merupakan satu-satunya naskah yang pernah dikumpulkan selama hidup Rasulullah yang telah menerima nya secara langsung dari sumber ilahi.

Faktanya, banyak para sarjana melakukan pencarian yang mereka anggap sebagai tantangan. Secara sekeptis, mereka kemudian menentang adanya premis asal wahyu ilahi (menyangkut al-Qur’an) yang diturunkan terhadap ras manusia melalui orang-orang terpilih dan mengirim malaikat yang dipercayai Nya untuk mengkomunikasikan pesan Nya kepada pesuruh Nya melalui Nabi terakhir bernama Muhammad.

Pada umumnya, mereka tidak mau menerimanya karena menganggap hal itu tidak bisa dibuktikan secara empiris. Mereka tidak bisa menerima secara empiris pengalaman memverifikasi di mana Tuhan dan malaikat Jibril. Karenanya mereka membantah bahwa keseluruhan cerita tentang asal al-Qur’an dibuat.

Hal ini juga datang dari para sarjana atau ilmuwan Kristen dan Yahudi. Di mana agama mereka bergantung pada ide tentang keberadaan Tuhan dan wahhyu Nya yang diturunkan pada Rosul pilihan. Pada saat mereka mengaku akan keaslian Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru, pada saat yang sama, mereka tidak memberikan legitimasi status yang sama terhadap al-Qur’an. Maka cukuplah di katakan bahwa argumen mereka itu sama sekali tidak bernilai religius, ahistioris, dan tidak ilmiah. Ini sebagai gambaran sifat bias mereka.

Tetapi serangan pada al-Qur’an tidak datang hanya dari kaum sekuler atau penganut aliran empirisme. Para penentang juga datang dari kaum Kristen dan sarjana Yahudi.

Apa tidak mereka tidak sadari, bila jika keaslia asal al-Qur’an itu dipertanyakan, maka keaslian agama merekapun sebenarnya pelu dipertanyakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ahmadiyah (1) Akhlak (26) Bibel (6) Dajjal (1) Dakwah (43) Fatwa (2) Firqah (3) Hak Azazi Manusia (16) Ijtihad (2) Islam (33) Jihad (19) Kristen (19) Liberalisme (49) Mualaf (9) Muslimah (15) Natal (2) NU (1) Orientalis (9) Peradaban (52) Poligami (11) Politik (34) Ramadhan (10) Rasulullah (24) Ridha (5) Sahabat (1) Sejarah (42) Suharto (1) Tasawuf (29) Tauhid (21) Tawakal (4) Teroris (16) Trinitas (9) Ulama (1) Yahudi (37) Yesus Kristus (34) Zuhud (8)